Pengertian
Grafika Komputer
Menurut
Suyoto (2003), grafika komputer (Computer Graphic) dapat diartikan sebagai
seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar,
grafik ataucitra realistik untuk seni, game komputer, foto dan film animasi.
Sistem grafika komputer dapat dijalankan
dengan komputer pribadi (Personal Computer) atau workstation.
Pengertian OpenGL
Open
Graphics Library, OpenGL menghilangkan kebutuhan untuk pemrogram untuk menulis
ulang bagian grafis dari sistem operasi setiap kali sebuah bisnis akan
diupgrade ke versi baru dari sistem. Fungsi dasar dari OpenGL adalah untuk
mengeluarkan koleksi perintah khusus atau executable ke sistem operasi. Dengan
demikian, program ini bekerja dengan perangkat keras grafis yang ada yang
berada pada hard drive atau sumber tertentu lainnya. Setiap perintah dalam
dirancang untuk melakukan tindakan tertentu, atau memulai efek khusus tertentu
yang terkait dengan grafis.
.OpenGL bersifat Open-Source,
multi-platform dan multi-language serta digunakan mendefinisikan suatu objek,
baik objek 2 dimensi maupun objek 3 dimensi. OpenGL juga merupakan suatu
antarmuka pemrograman aplikasi (application programming interface (API) yang
tidak tergantung pada piranti dan platform yang digunakan, sehingga OpenGL
dapat berjalan pada sistem operasi Windows, UNIX dan sistem operasi lainnya.
OpenGL pada awalnya didesain untuk
digunakan pada bahasa pemrograman C/C++, namun dalam perkembangannya OpenGL
dapat juga digunakan dalam bahasa pemrograman yang lain seperti Java, Tcl, Ada,
Visual Basic, Delphi, maupun Fortran. Namun OpenGL di-package secara
berbeda-beda sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan. Oleh karena itu,
package OpenGL tersebut dapat di-download pada situs http://www.opengl.org
sesuai dengan bahasa pemrograman yang akan digunakan.
2Tujuan pelayanan OPENGL
1. Untuk
menyembunyikan kompleksitas dari interfacing dengan berbagai 3D accelerators,
memamerkan oleh programmer dengan satu, seragam API.
2. Untuk
menyembunyikan kemampuan yang berbeda dari hardware platform, oleh semua yang
memerlukan mendukung implementasi penuh fitur OPENGL set (menggunakan software
emulation jika diperlukan)
EVOLUSI OPENGL
OpenGL
adalah hasil dari usaha SGI untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan
portable IRIS. API grafis yang baru akan menawarkan kemampuan IRIS GL tetapi
dengan standar yang lebih terbuka,dengan input dari pembuatan hardware lain dan
sistem operasi lain dan akan memudahkan adaptasi ke hardware platform dan
sistem operasi lain.
Untuk
lebih mempopulerkan openGL SGI mengijinkan pihak lain untuk mengembangkan
standart openGL,dan beberapa vendor menyambut hal tersebut dengan membentuk
OpenGL Architecture Review Board (ARB). Pendiri openGL adalah SGI, Digital
Equepment Corporation, IBM, Intel dan Microsoft pada tanggal 1 juli 1992 OpenGL
versi 1.0 diperkenalkan.
Letak
openGL dalam aplikasi gambar di atas pada umumnya ketika aplikasi berjalan
program tersebut memanggil banyak fungsi, beberapa dibuat oleh programer dan
beberapa yang disediakan oleh sistem operasi bahasa pemrograman. Aplikasi
windows membuat output pada layar biasanya dengan memanggil sebuah API windows
yang disebut Graphics Device Interfase yang memungkinkan sebagai penulisan teks
pada sebuah windows menggambar garis 2D sederhana dan lainnya. Implementasi
dari openGL mengambil permintaan grafis dari aplikasi dan membangun sebuah
gambar berwarna dari grafis 3D, kemudian memberikan gambar tersebut ke GDI untuk
ditampilkan pada layar monitor.
Pengertian GLUT
GLUT merupakan pengembangan dari
OpenGL yang didesain untuk aplikasi dengan level kecil hingga menengah dan
menggunakan callback functions untuk menambahkan interaksi dari user. GLUT
menyediakan interface untuk menejemen window, menu, dan peralatan input
(keyboard, dan mouse). GLUT juga menyediakan fungsi otomatis untuk menggambar
objek primitif (garis, lingkaran, titik, persegi),objek 3 dimensi wire
(kerangka) maupun yang solid, seperti cube (kubus), sphere (bola), dan teapot
(poci teh), cone (kerucut), torus, dan lain-lain .
GLUT dikembangkan oleh Mark Kilgard, yaitu penulis
OpenGL Programming for the X Window System dan The Cg
Tutorial: The Definitive Guide to Programmable Real-Time Graphics, ketika
dia masih bekerja di Silicon Graphics.
Dua tujuan GLUT ialah menciptakan fleksibitas code
antar platform yang dapat dijalankan lebih dari satu sistem operasi (Windows,
Linux, Mac OS X, FreeBSD, OpenBSD, NetBSD), dan untuk lebih mudah mempelajari
OpenGL. Dengan menggunakan GLUT hanya memerlukan sedikit code dibandingkan
dengan OpenGL, tanpa mengetahui spesifikasi sistem operasi, dikarenakan OpenGL
adalah sebagai mesin.
Contoh
program yang menggunakan OpenGL
Membuat
bujursangkar 2D yang terdiri dari 2 buah segitiga yang warnanya berbeda dengan
background putih.
11.
Setting pengaturan OpenGL terlebih dahulu
22.
Setelah mengikuti langkah pertama, pastikan anda
mengerti langkah – langkah pertama, selanjutnya buka IDE Codeblocks seperti
pada petunjuk pertama.
33.
Ketikan Source code berikut di fungsi renderScene :
44.
Setelah itu lanjutkan untuk mengetikkan source code
berikut di fungsi main.
55.
Setelah selesai mengetikan semua rource codenya,
kemudian Build and Run, apabila masih ada error, coba lihat kembali petunjuk
pertama atau lihat kembali source code anda.
66.
Jika berhasil di jalankan, maka program tersebut akan
mengasilkan output seperti pada gambar dibawah ini.
Sumber :
Buku Grafika Komputer untuk mahasiswa dan umum.pdf
http://aufa.web.id/pbo/?p=55
0 komentar:
Posting Komentar